NILAI
Cinta Tuhan, Rendah Hati, Jujur dan Rajin
JABAR 3B
Bersatu - Berhasil - Berdampak

SEKILAS PANDANG KOTA BEKASI

Geografi

Secara geografis kota Bekasi berada pada ketinggian 19 m di atas permukaan laut. Kota ini terletak di sebelah Timur Jakarta; berbatasan dengan Jakarta Timur di Barat, kabupaten Bekasi di Utara dan Timur, kabupaten Bogor di Selatan, serta kota Depok di sebelah Barat Daya.

Dari total luas wilayahnya, lebih dari 50% sudah menjadi kawasan efektif perkotaan dengan 90% telah menjadi kawasan perumahan, 4% telah menjadi kawasan industri, 3% telah digunakan untuk perdagangan, dan sisanya untuk bangunan lainnya.

Sejarah

Kota ini sebelumnya merupakan sebuah Kecamatan dari Kabupaten Bekasi yang kemudian berkembang dan ditingkatkan statusnya pada tahun 1982 menjadi kota administratif Bekasi yang saat itu terdiri atas empat Kecamatan yaitu kecamatan Bekasi Timur, Bekasi Selatan, Bekasi Barat, dan Bekasi Utara, dan meliputi 18 kelurahan serta 8 desa. Di tahun 1996 kota administratif Bekasi kembali ditingkatkan statusnya menjadi kotamadya (sekarang "kota").

Perekonomian

Perekonomian Bekasi ditunjang oleh kegiatan perdagangan, perhotelan, dan restoran. Pada awalnya pusat pertokoan di Bekasi hanya berkembang di sepanjang jalan Ir. H. Juanda yang membujur sepanjang 3 km dari alun-alun kota hingga terminal Bekasi. Di jalan ini terdapat berbagai pusat pertokoan yang dibangun sejak tahun 1978.

Selanjutnya sejak tahun 1993, kawasan sepanjang Jl. Ahmad Yani berkembang menjadi kawasan perdagangan seiring dengan munculnya beberapa mal serta sentraniaga. Pertumbuhan kawasan perdagangan terus berkembang hingga jalan K. H. Noer Ali (Kalimalang), Kranji, dan Kota Harapan Indah.

Selain itu keberadaan kawasan industri di kota ini, juga menjadi mesin pertumbuhan ekonominya, dengan menempatkan industri pengolahan sebagai yang utama. Lokasi industri di Kota Bekasi terdapat di kawasan Rawa Lumbu dan Medan Satria.

Pertumbuhan ekonomi merupakan indikator yang dapat menggambarkan kinerja perekonomian di suatu wilayah. Kecuali pada tahun 2004, pertumbuhan ekonomi Kota Bekasi selalu di atas Jawa Barat dan Indonesia. Pada tahun 2004 ekonomi Kota Bekasi tumbuh 5,38% dan pertumbuhan ini lebih tinggi dari Jawa Barat (4,77%) tetapi di bawah LPE Indonesia yang mencapai 5,50%. Pada tahun 2005 dengan 5,65%, LPE Kota Bekasi sedikit lebih tinggi dari Jawa Barat dan Indonesia dengan 5,62% dan 5,55%. Demikian pula pada tahun 2006, LPE Kota Bekasi yang mencapai 6,07% masih lebih baik dibandingkan Jawa Barat dan Indonesia yang hanya mencapai 6,01% dan 5,48%.

Kami, BPW Bekasi menjalankan tugas yang diberikan oleh BPD Jabar untuk mengembangkan pelayanan di Bekasi (SARDA, SARWIL). Dan data di atas menjadi gambaran betapa pentingnya wilayah Bekasi untuk:

1.  Didoakan secara khusus.

2. Bagi saudara yang mempunyai sanak family, teman, rekan bisnis dll. yang tinggal di Bekasi bisa disarankan untuk beribadah dan melayani di GSJA Bekasi.

Daftar nama-nama GSJA di Kabupaten dan Kotamadya Bekasi:

GSJA di Kotamadya :

  1. GSJA Imanuel Harapan Indah
  2. GSJA CWS Harapan Indah
  3. GSJA Ceria
  4. GSJA Duren Jaya
  5. GSJA Titian Indah
  6. GSJA Shekinah Ministry
  7. GSJA Zion Ministry
  8. GSJA Kranggan
  9. GSJA Rumah Doa
  10. GSJA Pekayon

GSJA di Kabupaten :

  1. GSJA Setia
  2. GSJA Parakletos
  3. GSJA Imanuel – Grand Wisata
  4. Perintisan Rumah Doa Tambun
  5. Perintisan Wahana Pondok Gede
  6. Perintisan Pondok Timur Indah
  7. Perintisan Taman Kebalen

BPW BEKASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *