NILAI
Cinta Tuhan, Rendah Hati, Jujur dan Rajin
JABAR 3B
Bersatu - Berhasil - Berdampak

Matrikulasi Jenjang Pendeta, Pendeta Muda dan Pendeta Pembantu

Selama kegiatan Matrikulasi, seluruh peserta mendapatkan empat sesi pembekalan, sesi pertama, yakni sesi Meningkatkan Kualitas Pelayanan, dalam hal ini kemampuan berkhotbah melalui penyampaian materi “Khotbah Kontemporer”.  Sesi ini dilayani oleh Pdt. Antonius Mulyanto dari GSJA “Rajawali” Depok. Selama dua jam penuh seluruh peserta dibekali tentang seputar khotbah kontemporer, etika seorang pengkhotbah, mental seorang pengkhotbah, dan sekilas diingatkan kembali mengenai doktrin-doktrin GSJA. Sesi kedua yaitu berkenaan dengan Integritas Seorang Hamba Tuhan, dalam hal ini lebih dikhususkan lagi yakni berkaitan dengan keuangan.  Tema “Keuangan yang Bertanggung Jawab” menjadi relevan dengan kebutuhan peserta, mengingat seorang hamba Tuhan harus memiliki integritas yang baik terutama berkaitan dengan masalah yang sangat krusial dan ada jebakan Iblis dalam hal keuangan ini.  Yang menjadi nara sumber pada sesi kedua, yaitu Pdt. Edi Gunawan, yang merupakan ketua dari BPD GSJA Jawa Barat saat ini.

Sesi ketiga berkaitan dengan Pengetahuan dan Pengenalan Potensi Jawa Barat bagi Perintisan, di samping itu beberapa kendala dan tantangan yang ditemukan bagi pertumbuhan gereja khususnya GSJA  dalam lingkup Jawa Barat. Pdt. Richard Lasso yang menjadi narasumber memaparkan beberapa hal yang berkaitan dengan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku dalam kaitannya dengan kehidupan berkeagamaan di negara ini, khususnya Jawa Barat baik dari sisi negatif maupun celah atau manfaat yang dapat dipergunakan oleh institusi gereja. Sesi keempat sekaligus menjadi sesi terakhir dalam sesi-sesi pembekalan bagi para peserta, menyajikan tema yang berkaitan dengan Leadership. Dalam sesi ini beberapa hal dibedah oleh narasumber yaitu Pdt.  Kennedi Sihotang dari GSJA Pagarsih Bandung, antara lain mengenai: Apa itu Kepemimpinan, Bagaimana Mmental Seorang Pemimpin, dan Beberapa Contoh Model dari Kepemimpinan.  Sebuah harapan yang besar dari penyelenggara, agar lewat materi ini,seluruh peserta dapat menjadi pemimpin yang relevan terhadap kebutuhan jemaat dalam segala masa.

Dan merangkum semua sesi yang sudah dikuti, serta mengukur seberapa besar peserta dapat menyerap seluruh materi yang sudah disampaikan, para peserta mengikuti ujian tertulis yang sudah dipersiapkan oleh Dep. Pemuridan, dimana hasilnya akan dilaporkan kepada Pengurus BPD untuk menjadi bahan pertimbangan bagi peserta yang akan dilantik pada jenjang yang lebih lanjut.

Pdt. Hilman Kristiara

(Ketua Dep. Pemuridan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *