NILAI
Cinta Tuhan, Rendah Hati, Jujur dan Rajin
JABAR 3B
Bersatu - Berhasil - Berdampak

Kotbah Mazmur

Jembatan Peralihan

Dalam konsep pemikirannya, Allah itu adalah Allah yang mahapengasih, tetapi tanpa diimbangi dengan konsep Allah yang mahapengasih itu juga Allah adalah yang maha kuasa yang berkuasa mutlak atas apa yang dilakukannya. Allah yang berkuasa mutlak memberikan rancangan-Nya dalam hidup umat-Nya. Konsep tentang Allah mempengaruhi pengenalan akan Allah. Konsep tentang Allah yang benar akan membuat pengenalan akan Allah itu dengan benar.

Isi

Dalam Mazmur 16 ini ada setidaknya ada dua sifat Allah yang digambarkan oleh Daud yaitu:

1) Tuhan Pagar Pelindung

dalam hidup penting sekali untuk mengetahui apa yang saat ini kita butuhkan dan kerjakan. banyak orang hidup justru memusingkan hal-hal yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Dari perikop yang kita baca ini kita bisa tahu bahwa Daud tahu betul apa yang dia butuhkan yaitu PERTOLONGAN. Daud adalah seorang pahlawan, dia adalah ahli strategi dan ahli perang, banyak peperangan yang dihadapi olehnya. Dia juga memiliki tentara yang gagah perkasa, panglima yang hebat-hebat. Akan tetapi dia tidak bersandar pada semua itu, dia tidak meminta perlindungan pada pasukan perangnya yang hebat, dia tidak meminta perlindungan pada panglima perangnya, dia juga tidak mengandalkan dirinya dan kemampuan perangnya tetapi dia meminta perlindungan Allah. Ini adalah pengakuan imannya.

Dalam ayat 1 dikatakan “Jagalah aku, ya Allah, sebab pada-Mu aku berlindung.”

Kata jagalah itu diartikan seperti pagar bagi rumah atau tembok perlindungan bagi kota. Artinya apa? Artinya pagar ini memiliki dua fungsi. Pertama pagar atau tembok akan melindungi kita dari serangan musuh dari luar,melindungi kita dari ancaman orang luar. Yang kedua pagar atau tembok juga memberikan kita batasan sampai dimana jangkauan kita dan memberikan rambu-rambu kepada kita. Begitulah Allah kita saudara. Tuhan sebagai Sumber Perlindungan tidak hanya melindungi kita dari berbagai ancaman dan serangan terhadap orang-orang atau iblis yang selalu mengancam kita tetapi juga Allah tetap menjaga dan memberikan batasan serta rambu-rambu sampai dimana kita seharusnya. sayang seringkali kita melompat pagar sehingga mudah dihancurkan oleh musuh karena kita keluar dari payung perlindungannya.

Mengapa kita membutuhkan Allah yang demikian saudara? Karena Iblis itu sangat berbahaya. Dia seperti virus. Kecil, item keringetan itu semut lagi push up gitu yach? Yang namanya virus kan kecil, item tetapi ternyata diantara semua penyakit, justru viruslah yang menjadi penyebab penyakit yang sangat berbahaya. flu burung sampai flu babi. Ketika orang dimasuki oleh virus dia tidak tahu, kita bisa tahu ketika kita sudah jatuh oleh sebab itulah kita perlu benar-benar melindungi diri kita untuk terhindar dari serangan virus itu. Nah begitu juga cara kerja iblis saudara, dia sangat pandai. Dia tahu kelemahan kita dan kenal betul bagaimana dia bisa mengalahkan kita. Ketika kita sedang lemah dia akan menyerang kita. Oleh sebab itulah kita memerlukan yang namanya pelindung yang agung itu yaitu Tuhan.

2) Tuhan Yang Terbaik

Yang kedua Allah tidak hanya menjadi pelindungnya tetapi menjadi kepunyaan yang terbaik. Setiap kita pasti menginginkan yang terbaik dalam hidup kita. Amin? Pasti pengennya menjadi yang utama dan pertama, tetapi yang menjadi pertanyaan adalah apakah kita mau mengambil yang terbaik itu? Kita semua memang tahu yang terbaik, kita ingin menjadi yang terbaik, tetapi apakah yang kita pilih itu memang yang terbaik. Sebab tidak setiap kita memilih yang terbaik itu, makanya seringkali kita tidcak memiliki yang terbaik itu. Daud sangat luar biasa, dia tidak hanya menginginkan yang terbaik, dia tidak hanya tahu yang terbaik itu tetapi juga memilih yang terbaik itu dan menyukai yang terbaik itu.

Tetapi untunglah Allah kita adalah yang terbaik yang kita miliki. Agama Kristen sangat berbeda dengan agama lain terutama dalam pengenalannya terhadap Allah. Dalam agama lain manusia menyembah Allah, mereka memohon kepada Allah dengan harapan Allah mereka membantunya untuk mendapatkan susuatu yang diinginkan. Apakah konsep kita tentang Allah itu demikian? Tentu saja tidak. Allah kita memberikan sesuatu yang kita butuhkan, bahkan tidak hanya itu Allah sendiri memberikan yang terbaik pada diri Allah itu buat kita yaitu dirinya sendiri. Jadi Allah tidak hanya memberikan apa yang kita butuhkan tetapi lebih dari itu Allah juga memberikan dirinya sendiri buat kita. Ini sangat luar biasa.

Setiap kita sudah diberi yang terbaik termasuk pekerjaan, keluarga, tempat tinggal dan semua yang kita miliki. Yang menjadi masalah adalah apakah yang terbaik yang Allah berikan itu bisa kita nikmati dan syukuri? Ketika kita bisa mengucap syukur maka kita akan mengerti pemberian yang terbaik itu cukup buat kita. Amin.

Pdt. Teguh Priyanto –  GSJA Sangkakala

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *