NILAI
Cinta Tuhan, Rendah Hati, Jujur dan Rajin
JABAR 3B
Bersatu - Berhasil - Berdampak

3 Jenis Komunitas Dalam Gereja

Dasar Alkitab : LUKAS 12 :1

Ada 3 KOMUNITAS ORANG yang ada disekitar YESUS yaitu ORANG BANYAK, MURID-MURID-NYA, ORANG FARISI/Ahli Taurat.Ketiganya ada disekitar Yesus. Ternyata Fenomena Dalam Gereja pun sama selalu ada 3 KOMUNITAS ini:

1.KOMUNITAS “ORANG BANYAK”. REALITA ORANG BANYAK : Orang Banyak FOKUSNYA BERKAT, MUJIZAT, KOTBAH BAGUS tetapi tidak mau jadi PELAKU FIRMAN. TIDAK TAHAN UJI menghadapi TANTANGAN & UJIAN (band. Yesus dielu-elukan). GEMBIRA ikut, DERITA lari. Imannya DANGKAL. Orang percaya vs orang kepercayaan

2.KOMUNITAS AGAMAWI: “AHLI TAURAT-ORANG FARISI” adalah  orang yang TAAT luar biasa pada hukum, Punya Aturan yang ketat, Proses panjang Untuk Jadi  Ahli Taurat/Orang Farisi, Punya komunitas yang kuat, otoritas yang besar Mereka belajar dan mentaati HUKUM Taurat sedemikian rupa, namun justru menolak INTI dari Hukum itu. Mat. 23:13  Celakalah kamu, hai AHLI2 TAURAT & ORANG2 FARISI, hai kamu ORANG2 MUNAFIK, karena kamu menutup pintu2 Kerajaan Sorga di depan orang. Sebab kamu sendiri tidak masuk & kamu merintangi mereka yg berusaha untuk masuk.  Ayat 14-15. MAHATMA GANDHI pernah berkata : “I like your Christ, I do not like your Christians. Your Christians are so unlike your Christ.”

3.KOMUNITAS “MURID YESUS”. Sama seperti orang banyak (dia ikut Yesus). Sama Taurat (taat dan diproses oleh Yesus. MEREKA JUGA secara manusia tidak layak menjadi TALMIDIM dari RABI. Coba lihat PENDIDIKAN YAHUDI :

  • BETH SEFER (5-10 th) di Sinagoge seperti Pesantren. Diseleksi ketat untuk lulus. Bila tidak lulus akan kembali ke orang tua. MURID YESUS GA LAYAK, GA KOMPETEN, TAPI YESUS MELIHAT SESUATU YANG BERBEDA.
  • BETH MIDRASH (10-15 th), Syarat : hafal Torah, menguasai Talmud, Pendidikannya : “The Power of Question”.
  •  BETH TALMID (Usia 16-30 th), Belajar dengan Hidup Bersama Rabbi (nyantrik). “Mari, Ikutlah Rabbi”: Rabbi percaya Murid tsb. akan bisa menjadi seperti Rabbi. Menjadi “TALMIDIM” adalah suatu Kehormatan dan impian setiap Pemuda Yahudi.

MARI DALAM KKA KITA MENJADI KOMUNITAS “MURID YESUS”. PERBEDAANNYA : Yesus mempercayai murid karena DIA melihat HATI. HATI YANG MAU DIBENTU, HATI YANG MAU TAAT. DALAM KERAJAAN ALLAH: TIDAK ADA STATUS “ANGGOTA JEMAAT BIASA”.SETIAP MURID HIDUP DALAM KOMUNITAS ILAHI. SETIAP MURID BELAJAR DIBENTUK DALAM KETAATAN. Mat. 28:20a  dan AJARLAH mereka MELAKUKAN SEGALA SESUATU yang telah KUPERINTAHKAN kepadamu. MARI MASUK KOMUNITAS MURID !!

 

Teguh Priyanto

2 thoughts on “3 Jenis Komunitas Dalam Gereja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *