NILAI
Cinta Tuhan, Rendah Hati, Jujur dan Rajin
JABAR 3B
Bersatu - Berhasil - Berdampak

Seminar Visi Misi Gereja Wilayah Bandung 2019

Hal yang paling penting untuk kemajuan gereja adalah visi. Visi menjadi sangat vital bukan hanya menjadi penggerak pertumbuhan gereja tetapi juga menjadi arah tujuan kemana gereja akan bergerak. Sejelas apapun Road Map GSJA, jika visi gereja lokal tidak sejalan maka tetap saja tidak akan bisa mencapai apa yang dituangkan dalam Road Map. Wilayah bandung mengadakan seminar visi ini bukan karena gereja-gereja tidak memiliki visi, bukan juga karena tidak bisa membuat visi tetapi kita mau visi gereja yang ada dalam gereja sejalan dengan Road Map. Lebih jauh dari itu juga penjabaran setiap program dalam visi itu bisa sejalan dengan Road Map.

Atas dasar inilah kami mengadakan seminar pada hari Rabu,16 Febuari 2019. Seminar ini memang dikhususkan para PI dan Gembala. Puji Tuhan acara ini dihadiri oleh 15 orang dan dihadiri oleh semua gereja GSJA wilayah Bandung, yaitu 8 gereja. Acara ini berlangsung dari Pkl. 09.00 WIB sampai Pkl. 13.00 WIB dengan pembicaranya Pdt. Daniel Yosafat (Sekda BPD Jabar). Kami sangat bersyukur acara ini berjalan dengan lancar. Dimulai dengan pujian yang dipimpin Pdt. Enaduhu, lalu dilanjutkan dengan seminar yang dipandu oleh moderator yaitu Pdt. Titin Megawaty. Setelah itu langsung Pdt. Daniel Yosafat menyampaikan bagaimana menuangkan visi, dan membangun nilai-nilai sebagai terjemahan dari visi itu sendiri. Kemudian membagikan misi dan program berdasarkan nilai-nilai. Memang pada awalnya kami agak bingung karena pembelajaran yang diberikan dari model gereja Betlehem yang sudah sangat kompleks tetapi pada akhirnya kami mendapatkan bekal yang sederhana yang bisa diterapkan dalam gereja-gereja di Bandung, yang mana mayoritas adalah gereja pratama. Dimulai dengan membuat PCDA yang tajam, sederhana, dan jelas. Setelah itu menggunakan evaluasi-evaluasi untuk mempertajam visi dan program yang tertuang. Tentu saja kami menyesuaikan dengan kebutuhan dan model gereja kami masing-masing. Setelah itu kami diberikan juga ruang untuk tanya jawab. Tanya
jawab inilah yang mempertajam kami dalam merelevansikan bagi gereja kami.

Bersyukur sekali kami mengadakannya pada bulan Januari sehingga bisa langsung mempraktekkannya.  Setelah seminar selesai, acara dilanjutkan dengan pemaparan program Departemen Doa dan Penyembahan BPD GSJA Jawa Barat. oleh Pdt. Ilco Doodoh, sebagai ketuanya. Kami diingatkan pentingnya untuk membangun tim doa di gereja lokal masing-masing dan melaksanakan doa nasional pada tanggal 18-20 Januari 2019. Setelah itu acara ditutup dengan doa oleh Pdt. Helman Taungke dan dilanjutkan dengan ramah tamah dan makan bersama pada Pkl. 13.00 WIB.

Teguh P / Sekretaris Wilayah Bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *